FAT ???

FAT adalah salah satu standar dari advanced technoloagy attachment (ATA). ATA pertama kali disetujui pada bilan mei tahun 1994, dengan nomor dokumen ANSI X3.221.1994.

ATA adalah antarmuka yang digunakan untuk mengoneksikan perangkat, seperti hard drive, CD-Rom, dan disk drive lainnya.



Salah satu antarmuka ATA pertama disebut PATA, yang merukapakn singkatan dari Parallel AT Attachment, sebelah itu ada SAT. sekarang ini hampir semua komputer mengunakan antarmuka ATA, termasuk Apple yang digunakan SATA.

Standar ATA menggunakan backward compatible, artinya ATA terbaru (tidak termasuk SATA) biasa digunakan dengan antarmuka ATA yang lebih lama

FAT adalah salah satu standar ATA yang merupakan singkatan dari File Allocation Table. FAT merupakan metode untuk melakukan tracking pada konten hard drive sebagaimana yang dilakukan oleh sistem operasi Microsoft.

Table FAT ini berisi jumlah alamat cluster di hard drive. ada beberapa jenis FAT. FAT8 adalah tipe FAT tertua, ini menggunakan floppy 8 inchi di prosesor 8086.

Yang kedua adalah FAT12, yang mengunkan binery 12 bit.Hard drive mengunakan FAT12 bisa memiliki volume maksimal 16.736.256. ini sudah tidak lagi dipakai. jika menggunakan windows 95 ke atas, dan kalau di DISK, menampilkan FAT12, artinya hard drive korup, atau memiliki virus.

FAT16 adalah FAT yang menggunakan sistem biner 16-bit digunakan di windows 3.x sampai windows 95.

FAT 32  adalah File Allocation Table yang memanfaatkan biner 28-bit yang mulai digunakan di windows 95 OSR2 dan windows 98. ini akan menghemat ruang disk mengunakan cluster 4k

beberapa versi dari Microsoft Windows, seperti Windows XP, vista,7, 8 ,dan 10 sekarang menggunakan NTFS dan bukan lagi FAT

Popular posts from this blog

Cara aman Memperbaiki sambungan xiaomi note 3 ke PC untuk Transfer File

Rufus 2.12 Build 1054

Proses booting pada sistem operasi open source (Linux)