Pengertian algoritma

Algoritma pada dasarnya, adalah alur pikiran yang dalamnya menyelesaikan suatu pekerjaan, yang dituangkan dalam bentuk tertulis yang dapat dimengerti oleh orang.bisa juga langkah langkah yang dimambil dalam menyelesaikan suatu perkerjaan.


yang ditekankan disini adalah alur pikiran. alur pikiran seseorang dapat berbeda dengan alur pikiran orang lain untuk menyelesaikan  suatu pekerjaan yang sama dengan hasil yang sama.

dalam pelajaran algoritma, direncanakan bahwa yang akan melaksanakan alur pikiran tadi adalah komputer. komputer memang dirancangg untuk dapat melaksanakan perintah yang diberikan oleh manusia.perintah tersebut diberikan dalam bentuk kumpulan intriksi yang disebut program.program ditulis dalam suatu bahasa yang disebut bahasa pemrograman (programming language) seperti bahasa C++,  COBOL, BASIC, PASCAL , C, JAVA, DLL.

Salah satu buku literaturmembrikan definisi dan kriteria mengenai algoritma sebagai berikut

algoritma adalah sekumpulan  intrusksi yang jumlahnya terbatas, yang apabila dijalankan akan menyelesaikan suaatu tuga tertentu. sebagai tambahan, setiap algoritma harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. ada atau tidak ada data yang dimasukan dari luar
  2. paling tidak ada satu buah keluaran
  3. seriap intruksi jelas maksudnya dan hanya mempunyai satu arti
  4. algoritma baik secara keseluruan maupun sub algoritma bila ditelusuri harus ada titik  hentinya
  5. setiap intruksi selain jelas juga harus dapat dilaksanakan, dan juga efektif dalam arti harus menghasilkan sesuatu. sebagai contoh A= A+0 (A ditambah nol) atau A= A*1(A dikalikan satu) adalah termasuk intruksi yang tidak efektif.  
Horowitz, eliis and sahni, sartaj;
fundamental of data structutes; 
computer scrience press,inc;
rocville,maryland


 

Popular posts from this blog

Cara aman Memperbaiki sambungan xiaomi note 3 ke PC untuk Transfer File

Rufus 2.12 Build 1054

Proses booting pada sistem operasi open source (Linux)