Sejarah Linux

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.


Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds adalah seorang mahasiswa tahun kedua Ilmu Komputer di University of Helsinki dan seorang hacker otodidak. Sejarah Sistem Operasi Linux dimulai saat linus Berusia 21 tahun yang suka bermain-main dengan kekuatan komputer dan batas-batas sistem yang dapat ditekan. Tapi semua itu kurang adalah sebuah sistem operasi yang dapat memenuhi tuntutan profesional. MINIX itu baik, tapi tetap saja itu hanyalah sebuah sistem operasi untuk siswa, dirancang sebagai alat pengajaran dan bukan satu kekuatan industri.

peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di sever, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems.

ada banyak sekali distro linux yang ada tapi di pos kali ini saya akan membagikan distro linux yang saya ketahui:

- Linux mint
- Linux debian
- Linux opensuse
- Linux backtrek sekarang menjadi Linux kali
- Linux zorin
- Linux ubuntu
- Linux fedora

Comments

Popular posts from this blog

Cara aman Memperbaiki sambungan xiaomi note 3 ke PC untuk Transfer File

Rufus 2.12 Build 1054

Proses booting pada sistem operasi open source (Linux)